PROPOSAL USAHA JAMUR CRISPY
Bab
1
Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
Pada
zaman sekarang ini banyak jenis makanan yang beredar di pasar baik dalam
kemasan ataupun yang di sajikan secara langsung, akan tetapi kebanyakan
masyarakat pasti memilih makanan dalam bentuk kemasan. Karena lebih praktis, di
samping itu juga masyarakat cenderung lebih memilih makanan yang enak, renyah,
gurih, bernutrisi dan tentunya murah dan menyehatkan. Oleh karena itu, kelompok
kami berinisiatif untuk melakukan inovasi pada jamur dengan membuat “JAMUR
CRISPY” yang mempunyai berbagai macam pilihan rasa tentunya. Antara lain : rasa
balado, pedas, original, dan rasa jagung.
Dalam
pembuatan jamur crispy ini semuanya di buat dengan bahan yang halal dan aman di
konsumsi. Kecuali bagi konsumen yang mempunyai penyakit khusus seperti alergi
terhadap jamur. Selain itu juga jamur crispy ini sudah di periksa melalui
tahapan pengecekan atau pemeriksaan yang sudah banyak dan di jamin untuk di
konsumsi.
1.2 Tujuan
dan Manfaat
Tujuan kelompok kami dalam
usaha menjual jamur crispy ini adalah :
1.
Menyarankan
bahwa dalam melakukan usaha harus bisa menciptakan suatu produk yang baru.
2.
Meningkatkan
suatu mutu kerja yang tinggi.
3.
Menerapkan
kebersamaan dan saling berpendapat dalam menentukan kesepakatan.
4.
Mengembangkan
jiwa kewirausahaan
5.
Memenuhi
salah satu tugas mata pelajaran produktif
Manfaat jamur crispy yang
kami jual antara lain :
1.
Memiliki
kandungan gizi yang tinggi
2.
Berkhasiat
untuk mengobati
3.
Mencegah
penyebaran sel kanker, penyakit diabetes, dan radang hati yang menular
Bab 2
Isi
2.1
Visi dan Misi
Dalam
suatu usaha pasti memiliki visi dan misi untuk memajukan usaha tersebut, tentu menjadi
seorang pengusaha itu ingin usaha nya berjalan dengan lancar tanpa ada
hambatan, jadi pasti sebuah perusahaan akan maju bila visi dan misi itu di
lakukan dengan baik tanpa ada kesalahan sedikit pun, visi di sini berarti cita
– cita atau impian yang ingin di capai di masa depan untuk menjamin kesuksesan
jangka panjang, sedangkan misi berarti suatu tindakan untuk mewujudkan suatu
visi tersebut.
Tentu
disini kelompok kami memiliki sebuah visi dan misi untuk usaha jamur crispy
ini, dan Visi kami adalah :
1. Menjadikan salah satu produk
cemilan sehat untuk di konsumsi oleh konsumen
2. Menjadi produk cemilan yang paling
laku di daerah SMKN 1 SUBANG
Dan Misi kami adalah :
1. Mengutamakan kualitas produk
2. Selalu berinovasi pada produk
tersebut
3. Melayani konsumen dengan baik
seperti dalam pemilihan varian rasa yang di inginkan konsumen.
Dengan menciptakan visi dan misi
tersebut, kami berharap dapat terlaksana dengan baik dan lancar
tanpa hambatan.
2.2
STP produk
a. Segmentasi
Segmenting
adalah pembagian suatu konsumen yang heterogen ke dalam satuan konsumen yang
homogen. Disini kelompok kami akan menjualkan produk keseluruh warga SMKN 1
SUBANG
b. Targeting
Targeting
adalah memilih salah satu atau lebih dari segmen pasar. Target pasar yang kami tuju
adalah sebagai makanan konsumsi siswa-siswi SMKN 1 SUBANG untuk segala umur dan
semua golongan, baik siswa-siswi kelas X, XI, maupun kelas XII.
c. Positioning
Positioning
adalah tindakan merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat menciptakan kesan
tertentu di benak konsumen. Seperti kelompok kita positionong nya yaitu “Jamur
Crispy Keyekes Keyenyes”
2.3
Marketing Mix
Strategi
pemasaran kelompok kami menerapkan marketing mix yang di kelompokkan menjadi 4
bagian, yaitu Product, Price, Promotion, Place.
a.
Product
Produk
adalah segala sesuatu yang di tawarkan oleh produsen kepada konsumen agar
diminta, dibeli, dicari, dan diinginkan oleh pasar yang bersangkutan. Produk yang kami tawarkan yaitu produk jamur crispy
yang memiliki kualitas terbaik, dengan nilai gizi yang tinggi, yang sekaligus
dapat menyehatkan dan berkhasiat obat. Sebagai makanan vegetarian, jamur ini
memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena mengandung asam amino,
essensial, protein tinggi, vitamin, mineral, dan serat yang cukup tinggi.
Khasiat nya untuk mencegah darah tinggi, diabetes, anemia, dan meningkatkan
daya tahan tubuh.
b.
Price
Price
merupakan ekspresi nilai yang mengenai kegunaan atau kualitas produk itu
sendiri, citra yang terbentuk kelompok kami yaitu melalui promosi, selain itu
ketersediaan produk kami melalui pelayanan sehingga pricing bukan semata-mata
biaya produksi dan keuntungan saja yang kami ambil, melainkan sebuah nilai yang
mencerminkan. Dalam menentukan harga jamur crispy ini, kami memberikan harga
yang tepat kepada konsumen agar ikatan antara produsen dan konsumen berjalan
dengan baik. Harga yang di tawarkan oleh kelompok kami adalah satu bungkus Rp.
2.000,00
c.
Promotion
Promotion
adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan
tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dalam
mempromosikan produk, promosi yang kita lakukan melalui brosur dan tatap muka
langsung dengan konsumen yaitu dengan melakukan proses komunikasi tentang
produk kami jamur crispy. Bahwa produk jamur crispy kami banyak manfaatnya,
selain itu kita sebagai produsen harus bisa memberikan komunikasi yang efektif
mudah dimengerti oleh konsumen, sehingga konsumen tertarik pada produk kami.
d.
Place
Place
adalah bidang atau wadah yang digunakan sebagai tempat usaha yang akan kita jalankan nantinya. Kita
harus memilih tempat usaha yang sangat berpotensi mendatangkan keuntungan untuk
kita. Maka dari itu tempat yang kita pilih harus memiliki kriteria sebagai
berikut :
1.)
strategis
2.)
bisa diakses dengan mudah
3.)
dapat dilihat oleh konsumen
Pada
saat ini hanya memasarkan disekitar sekolah saja. Karena kelompok kami
mendapatkan tugas dari sekolah akan tetapi jika kami berkeinginan membuat
distribusi pada sebuah produk yang kami pasarkan kami bisa memilih distribusi
melalui berupa toko atau pusat pasar. Dan yang terpenting kami harus bisa
memilh tempat yang tepat dalam mendistribusikannya.
2.4
Analisis SWOT
Perkembangan
dunia usaha saat ini mengalami kemajuan cukup pesat, namun tingkat persaingan
cukup ketat, disamping itu banyak bermunculan berbagai macam jenis produk baru,
yang mempunyai satu tujuan yang sama yaitu keinginan untuk bisa menghasilkan
produk yang bermutu dan dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan atau konsumen
serta memperoleh keuntungan yang besar. Analisis disini diperlukan untuk
menentukan apakah usaha yang dilakukan sekarang cukup layak dari segi bisnis
dalam arti bisa dipasarkan secara luas namun bisa diterima Siswa SMKN 1 SUBANG
oleh karena itu kami mencoba menganalisis pemasaran jamur crispy sesuai SWOT,
sedangkan ANALISIS SWOT adalah suatu
audit pemasaran yg rutin dan menyeluruh dalam suatu langkah yang terstruktur
dapat memberi suatu perusahaan pengetahuan akan bisnis, trend di pasar, dan
dimana perusahaan pesaing memberi nilai tambahan.
a.
Strengths
(Kekuatan)
Dalam usaha produk Jamur Crispy ini
memiliki Strengths (Kekuatan), antara lain :
1.
Bahan baku yang mudah di dapat dan murah
2.
Tidak
tergantung pada musim, karena jamur crispy lebih mudah di dapatkan dan di
gemari konsumen
3.
Harga
jual relative stabil, sehingga resiko kerugian sangat kecil
4.
Bisa
dijalankan oleh siapa saja tanpa melihat latar belakang pendidikan, asal ada
kemauan dan keseriusan pasti bisa menjalankan usaha ini
5.
Perawatan
yang mudah dan murah, karena tidak memerlukan biaya tambahan
b.
Weakness
(Kelemahan)
Dalam usaha produk Jamur Crispy ini
memiliki Weakness (Kelemahan), antara lain :
1.
Jamur
yang mudah busuk sehingga dapat menurunkan kualitas
2.
Susah
menjaga kepercayaan terhadap pelanggan jika bisnis ini secara online
3.
Jika
terjadi perubahan suhu atau cuaca yang sangat ekstrim bisa mengakibatkan
penurunan kualitas produk
4.
Produk
kami tidak tahan lama
c.
Opportunities
(Peluang/Kesempatan)
Dalam usaha produk jamur crispy ini
memiliki Opportunities (Peluang/kesempatan), antara lain :
1.
Peluangnya
cukup besar untuk di kembangkan
2.
Memberikan
keuntungan yang cukup besar
3.
Banyak
orang indonesia yang menyukai jenis makanan vegetarian
d.
Threats
(Ancaman)
Tentu dalam suatu usaha produk pasti
memiliki ancaman, bagi kelompok kami, ancaman di dalam usaha jamur crispy kami
antara lain :
1.
Produk
mudah ditiru
2.
Terbatasnya
bahan-bahan yang di butuhkan
3.
Banyak
pesaing yang menawarkan harga yang lebih murah
2.5
Perencanaan keuangan
a. Estimasi penjualan
Estimasi adalah suatu
metode dimana kita dapat memperkirakan nilai dari suatu populasi dengan
menggunakan nilai dari sampel. Estimator adalah nilai pendugaan/suatu data
statistik, sebagai sampel yang digunakan untuk mengisi suatu parameter.
Berikut ini sebuah
perhitungan penjualan ke konsumen yang selama
ini akan di rencanakan oleh kelompok kami di lingkungan SMKN 1 SUBANG :
Satu
bungkus : Rp.3.000,00 x 40 bungkus jamur crispy =Rp.120.000.00
b. Biaya-biaya
1. Pembelian bahan baku :
- 5 Bungkus jamur Rp.15.000,00
- Minyak 1 Kg Rp.12.000,00
- Tepung terigu 1 ½ Kg Rp.
9.000,00
- Telur ½ Kg Rp.12.000,00
- Garam 1 bungkus Rp.
1.000,00
- Baking powder 1 bungkus Rp.
3.500,00
- Penyedap rasa Rp.
2.000,00
- Bumbu aida 3 rasa Rp.
15.000,00
2. Transportasi
- Angkot pulang pergi Rp.
6.000,00
3. Adm
- 1 Nota Rp.
3.000,00
4. Kemasan
- Koran Rp.
1.000,00
- Lem Rp.
1.000,00
JUMLAH SELURUHNYA Rp.
80.500,00
c. Perhitungan laba/rugi
Penjualan - Biaya
Rp. 120.000,00 – Rp. 80.500,00 = Rp.
39.500,00
Bab 3
Penutup
Demikianlah proposal ini
kami buat, semoga proposal ini bisa membantu anda untuk menjadi seorang
wirausahawan yang sukses dan menjadikan suatu ide bagi seseorang yang mempunyai
keinginan untuk berwirausaha. Semoga allah swt memberikan perlindungan dan
rezeki bagi kita semua, atas perhatian nya dan kerja sama nya kami mengucapkan
terima kasih.
3.1.
Kesimpulan
Menurut kelompok kami dalam mengembangkan suatu usaha itu
harus mempunyai kemauan dan tentunya berusaha bahwa kami pasti bisa, bisa untuk
memberikan pelayanan yang baik untuk konsumen dan tentunya tidak mengecewakan
konsumen. Dan disaat itulah pasti usaha yang kita lakukan bisa tercapai dengan
sukses.
3.2.Saran
Kelompok kami menyarankan bahwa membuat suatu produk makanan
itu mudah, hanya berbekal niat, bersungguh-sungguh, dan kemauan untuk berusaha.
3.3.Motto
Dalam
melakukan suatu usaha, jika kita sudah niat, berdo’a, dan berusaha pasti usaha
yang kita jalankan akan selalu sukses dan berjalan dengan lancar.
sebelumnya meminta maaf ,saya meminta izin untuk membagi/menshare hasil proposal milik akun @retno indriyani untuk saya jadikan bahan tugas artikel di blog milik saya. . .
BalasHapussy baru pemula mau belajar produksi jamur kryspi...
BalasHapusIjin copas min
BalasHapusIzin copas, terima kasih.
BalasHapusIzin copas min. Terimaksih
BalasHapus